Lokakarya Penerjemahan Sastra 2013

Setelah sukses tahun lalu, Inisiatif Penerjemahan Sastra, bekerja sama dengan British Centre for Literary Translation dan Paper Republic, kembali menawarkan lokakarya penerjemahan sastra, 22-28 September 2013:

  1. Dari bahasa Indonesia langsung ke bahasa Inggris (dipimpin seorang penulis Indonesia [menunggu konfirmasi] dan penerjemah Pamela Allen – diutamakan penerjemah sastra yang berbahasa ibu bahasa Inggris);
  2. Dari bahasa Inggris langsung ke bahasa Indonesia (dipimpin penulis Jose Dalisay dan penerjemah Arif Bagus Prasetyo);
  3. Dari bahasa Norwegia ke bahasa Indonesia melalui bahasa Inggris (dipimpin penulis Kari Fredikke Braenne, penerjemah Kari Dickson, dan penerjemah bahasa Indonesia [menunggu konfirmasi]);
  4. Dari bahasa Mandarin ke bahasa Indonesia langsung dan melalui bahasa Inggris (dipimpin penulis China [menunggu konfirmasi], penerjemah Eric Abrahamsen, dan penerjemah Yusi Avianto Pareanom – diutamakan penerjemah bahasa Mandarin yang ingin belajar menerjemahkan sastra).

Lokakarya ini diadaptasi dari International Literary Translation Summer School di University of East Anglia (www.bclt.org.uk/summer-school). Maksimal 10 peserta per kelas.

Untuk peserta terpilih dari luar Jakarta disediakan sedikit pengganti transportasi dan akomodasi (maksimal Rp 2,500,000 per kelas).

Rabu, 25 September akan diadakan acara Temu Penerbit, peserta lokakarya akan berkesempatan berkenalan dengan editor dari berbagai penerbitan.

Sabtu, 28 September 2013 peserta akan membacakan karya terjemahannya di acara yang terbuka untuk umum.

Mohon kirimkan:

  1. data diri (nama, pindaian KTP, CV);
  2. contoh terjemahan (3 halaman) berikut teks aslinya;
  3. pernyataan motivasi (alasan ingin mengikuti lokakarya, 1 halaman)
  4. pilihan kelas (1, 2, 3, atau 4); kelas 1 diutamakan untuk penerjemah yang berbahasa ibu bahasa Inggris.

Khusus untuk calon peserta dari luar Jakarta:

  1. apakah membutuhkan sedikit pengganti biaya transportasi/akomodasi;
  2. apakah, jika tidak terpilih sebagai penerima beasiswa sebagian, bersedia 
datang dengan biaya sendiri.

Kirim melalui surat elektronik ke inisiatifpenerjemahansastra [at] gmail [dot] com dengan judul : “Lokakarya Penerjemahan Sastra”.

Paling lambat kami terima 31 Juli 2013. Peserta lokakarya serta penerima beasiswa diumumkan 31 Agustus 2013. Biaya lokakarya, termasuk makan siang dan sertifikat, Rp. 650.000 (lima ratus ribu rupiah), termasuk makan siang.Peserta terpilih harus konfirmasikan kehadirannya dengan mentransfer biaya.

Untuk pertanyaan dan informasi lebih lanjut hubungi Eliza Handayani di alamat surel di atas.

sumber: Inisiatif Penerjemahan Sastra

Kirim Komentar Anda

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Gunakan bahasa atau kata-kata yang santun dan tidak mengandung unsur SARA. Terima kasih atas partisipasi Anda dan selamat berkarya.

© 2013. Indonesia Sastra Media.  |  Kembali ke atas