Penulis Irlandia Meraih Penghargaan Kesusastraan

city_of_bohaneSastra Dunia | Berita – Penulis Irlandia Kevin Barry meraih penghargaan International Impac Dublin Literary Award sebesar 100.000 euro (Rp1,5 miliar).

Barry mendapat hadiah itu berkat novel perdananya, City of Bohane.

“Ireland 2053 karya Kevin Barry adalah tempat yang tidak kamu inginkan untuk hidup, tetapi anda akan menikmati membaca novel itu,” kata dewan juri.

Hadiah itu terbuka untuk novel dalam bahasa apa saja yang telah diterbitkan atau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Barry, pengarang dua kumpulan cerita pendek yang juga mendapat penghargaan, mengalahkan 153 judul pesaingnya, yang dinominasikan oleh 160 perpustakaan dari 44 negara.

“Fakta bahwa penghargaan ini berawal dari perpustakaan menjadikannya khusus untuk saya, perpustakaan adalah dimana kita belajar bahwa kita bisa melihat hidup kita dari buku,” kata Barry.

Ia adalah penulis Irlandia ketiga yang memenangi hadiah yang diorganisir oleh perpustakaan-perpustakaan kota Dublin atas nama Dewan Kota Dublin.

Pada 2006, Colm Toibin mendapat hadiah ini untuk The Master dan Colum McCann pada 2011 untuk Let the Great World Spin.

Pemenang lainnya meliputi Even the Dogs oleh Jon McGregor pada 2012 dan The Twin karya Gerbrand Bakker pada 2010.

sumber: bbc.co.uk

Kirim Komentar Anda

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Gunakan bahasa atau kata-kata yang santun dan tidak mengandung unsur SARA. Terima kasih atas partisipasi Anda dan selamat berkarya.

© 2013. Indonesia Sastra Media.  |  Kembali ke atas