Gabriel Garcia Marquez Meninggal Dunia

Gabriel Garcia Marquez meraih Nobel Kesusastraan pada tahun 1982.

Gabriel Garcia Marquez meraih Nobel Kesusastraan pada tahun 1982.

Sastra Dunia | Berita - Penulis peraih Nobel Kesusastraan asal Kolombia, Gabriel Garcia Marquez, telah meninggal dunia dalam usia 87 tahun, Kamis 17 April 2014.

Dia sering dianggap sebagai salah seorang penulis terbesar yang menggunakan Bahasa Spanyol.

“Gabriel Garcia Marquez sudah meninggal dunia,” kata salah seorang juru bicara keluarga, Fernanda Familiar, lewat pesan Twitter.

“Mercedes (istrinya) dan kedua putranya, Rodrigo dan Gonzalo, memberikan wewenang kepada saya untuk menyampaikan informasi tersebut. Kesedihan yang mendalam,” tambahnya.

Karya Marquez yang paling terkenal adalah One Hundred Years of Solitude yang sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa di dunia, termasuk Bahasa Indonesia.

Novel yang ditulisnya pada tahun 1967 itu sudah terjual lebih dari 30 juta buku di seluruh dunia dan meraih Nobel Kesusastraan pada tahun 1982.

Beberapa novel lainnya yang juga mendunia antara lain Love in the Time of Cholera, Chronicle of a Death Foretold, dan The General in His Labyrinth.

Gaya bertuturnya yang hidup dengan cerita mencampurkan kenyataan serta gaib menempatkan dia menjadi pelopor aliran sastra yang disebut realisme magis.

Dia berada dalam keadaan sakit beberapa waktu belakangan dan bulan lalu sempat dirawat di rumah sakit karena menderita karena gangguan pernafasan dan infeksi air seni.

Pekan lalu Marquez dipulangkan kembali ke rumahnya namun kondisi kesehatannya dilaporkan ‘amat ringkih’ karena usia tuanya.

Dia tinggal di Meksiko selama 30 tahun belakangan.

Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos, menyampaikan penghormatan kepadanya melalui Twitter.

“One Hundred Years of Solitude dan kesedihan atas kematian warga agung Kolombia sepanjang masa.”

sumber: bbc.co.uk

Kirim Komentar Anda

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Gunakan bahasa atau kata-kata yang santun dan tidak mengandung unsur SARA. Terima kasih atas partisipasi Anda dan selamat berkarya.

© 2013. Indonesia Sastra Media.  |  Kembali ke atas